الْفَتَّاحُ (Yang Maha Memberi Keputusan)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Agama, kepercayaan, serta ideologi adalah dua hal yang ghaib namun memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Ketiganya seringkali dianggap tidak lebih penting dari harta duniawi akan tetapi konflik-konflik besar di dunia justru seringkali berkaitan erat dengan ketiganya.

Perhatikan perang salib yang memakan waktu berabad-abad; benturan Islam dan Kristen yang menyebar di Eropa, Afrika, dan Asia.

Lalu lihat pula perang agama yang melibatkan negara-negara Eropa; dimana sebagian mendukung Gereja Katolik dan sebagian yang lain mendukung gereja-gereja Protestan.

Lalu bagaimana dengan perang dingin yang memecah dunia menjadi dua kutub; Komunisme melawan Kapitalisme?

Semua konflik tadi berawal dari ideologi dan keyakinan; dua hal paling asasi yang hidup di jiwa maupun akal manusia.

Prinsip Dasar

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ

Katakanlah, “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dialah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui.(QS. Saba: 26)

Ayat diatas merupakan bagian dari rangkaian panjang (surat Saba ayat 24-27) yang menceritakan perselisihan antara orang-orang yang beriman dengan para pelaku kesyirikan. Kedua golongan saling mengklaim kebenaran dan menyangkal pihak lain.

Orang-orang yang mempersekutukan Allah demikian keras mempertahankan keyakinan mereka hingga rasulullah diperintahkan untuk memperingatkan mereka; bahwa di akhirat kelak Allah akan mengumpulkan kedua golongan dan memberi keputusan tentang siapa yang berada di jalan lurus dan siapa yang berada dalam kesesatan.

Konflik antara orang-irang beriman dan mereka yang mempersekutukan Allah telah lama terjadi dan akan terus terjadi hingga hari kiamat kelak. Nabi Syuaib dan pengikutnya pun pernah diancam oleh kaumnya apabila tidak kembali pada penyembahan pohon lebat bernama Aikah. Meski mendapat ancaman pengusiran atau bahkan rajam, Syuaib alaihi salaam justru menolak ajakan mereka,

قَدِ افْتَرَيْنَا عَلَى اللَّهِ كَذِبًا إِنْ عُدْنَا فِي مِلَّتِكُمْ بَعْدَ إِذْ نَجَّانَا اللَّهُ مِنْهَا وَمَا يَكُونُ لَنَا أَنْ نَعُودَ فِيهَا إِلا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّنَا وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا

افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

Kami mengada-adakan kebohongan yang besar terhadap Allah, jika kami kembali kepada agama kalian, sesudah Allah melepaskan kami darinya. Dan tidaklah patut kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah —Tuhan kami— menghendaki(nya). Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil), dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.(QS. Al A’raf:89)

Allah pun mengabulkan doa nabi Syuaib dan menyelamatkan orang-orang beriman. Ia mengirim udara yang sangat panas dan kekeringan hingga mereka (orang-orang musyrik) datang menuju pohon aikah; apalagi mereka lihat diatasnya terdapat gumpalan awan hitam. Mereka pun berbondong-bondong mendatangi awan tersebut sambil berharap curahan hujan yang menyejukkan. Bukannya rintik hujan awan tersebut justru melontakna petir yang membakar pohon aikah dan para penyembahnya. Tidak ada yang selamat kecuali Nabi Syuaib dan orang-orang beriman.

Demikianlah Allah memberi keputusan bagi orang-orang beriman dan orang-orang kafir. Ia bisa memberi keputusan di akhirat kelak atau menyegerakannya di dunia.

Makna Al Fattah

Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr menerangkan dalam kitabnya (Fikih Asma’ul Husna. Darus Sunnah Press. hal 198) bahwa makna dari Al Fattah adalah Dzat yang menghukumi di antara hamba-hamba-Nya dengan apa yang Dia kehendaki dan memutuskan di antara mereka dengan apa yang Dia inginkan. Allah memberikan kenikmatan kepada siapa saja yang Dia kehendaki dari mereka dengan apa yang Dia kehendaki. Tidak ada yang dapat menolak hukum-Nya, tidak ada yang dapat menandingi keputusan-Nya dan perintah-Nya.

Wallahu a’lam bishowwab

Sumber gambar:

https://www.accuweather.com/en/weather-news/photos-heavy-snow-slams-washington-and-oregon-triggering-major-travel-disruptions/70007391

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s