الغالب (Maha Berkuasa)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

وَقَالَ الَّذِي اشْتَرَاهُ مِنْ مِصْرَ لامْرَأَتِهِ أَكْرِمِي مَثْوَاهُ عَسَى أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَكَذَلِكَ مَكَّنَّا لِيُوسُفَ فِي الأرْضِ وَلِنُعَلِّمَهُ مِنْ تَأْوِيلِ الأحَادِيثِ وَاللَّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya, “Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi dia bermanfaat kepada kita atau kita pungut dia sebagai anak.” Dan demikian pulalah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di muka bumi (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya ta’bir mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya. (QS. Yusuf: 21)

Nama Allah yang satu ini digunakan dalam kisah hidup Nabi Yusuf; dimana berbagai penderitaan yang ia alami sejak masa kanak-kanak.justru berbuah manis. Betapa ia diperdaya oleh saudara-sudaranya sendiri dengan dijebloskan ke dalam sumur. Setelah itu ia dibebaskan oleh saudagar dan dijual ke salah satu pembesar Mesir sebagai budak. Namun siapa yang menyangka Allah justru memiliki rencana lain di balik semua itu.

Al Ghalib dapat diartikan sebagai Yang Maha Melakukan apa yang dikehendaki. Juga Yang tidak akan dikalahkan oleh apa atau siapapun. Tidak mungkin ada yang mampu mencegah apa yang Allah kehendaki.

Betapa banyak contoh tentang bagaimana Allah menang atas makar yang dilakukan oleh orang-orang kafir atau orang-orang yang hasad.

Lihat bagaimana Allah mematahkan makar Abu Jahal dan kawan-kawan yamg berniat menyergap rasul di depan rumahnya. Mereka bernecana untuk menikam rasul saat beliau keluar dari rumah namun Allah membuat para konspirator tertidur. Rasul pun dengan mudahnya lewat di hadapan mereka.

Ingat bagaimana Suraqah bin Malik yang sudah dekat dengan rasulullah dan Abu Bakar berkali-kali terjatuh dari kudanya. Padahal saat itu rasulullah dan Abu Bakar menunggangi unta sementara Suraqah menunggangi kuda yang larinya lebih cepat dari unta.

Lihat bagaimana orang-orang Mongol yang awalnya membantai umat Islam dan menghancurkan negeri-negeri mereka justru sebagian masuk Islam dan memerangi saudaranya yang masih menyembah berhala atau beragama Kristen.

Lihat bagaimana penjajahan tiga setengah tahun Jepang memakan korban yang demikian banyak di Nusantara. Namun setelah itu Allah beri kemampuan penduduk negeri untuk mencegah masuknya kembali Belanda.

وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ اللَّهُ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ

Dan (ingatlah) ketika orang-orang kafir (Quraisy)memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu ataumembunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.(QS. Al Anfal: 30)

Masih banyak lagi contoh bagaimana Allah berkuasa memberi pertolongan pada orang-orang beriman. Maka manakah yang layak untuk dimintai pertolongan?

Maka saudaraku muslimin, jangan pernah berputus asa dalam melaksanakan ketaatan pada Allah. Betapapun banyaknya manusia yang membenci orang-orang yang menjalankan sunnah rasul namun Allah senantiasa melindungi. Apakah mereka mampu mengalahkan Allah? Bukankah telah banyak contoh di dalam Al Qur’an maupun hadits-hadits shahih tentang mereka yang bertakwa?

Ingatlah nabiyullah Ibrahim saat ia dilempar ke dalam api. Beliau bahkan tetap tegar dan tak berputus asa dari Allah dan Ia pun menolong beliau. Apapun yang kita alami saat ini tidaklah seberat ujian yang dihadapi nabi Ibrahim, maka ingatlah selalu penolong kita Allah. Ia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Wallahu a’lam bishowab.

Gambar: https://www.tes.com/lessons/YYgN9QkilO3lPQ/table4rome4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s