النَّصِيرُ (Maha Penolong)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ وَفِي هَذَا لِيَكُونَ الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ فَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلاكُمْ فَنِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Dan berjihadlah kalian pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kalian dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kalian dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tua kalian Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur’an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas diri kalian dan supaya kalian semua menjadi saksi atas segenap manusia; maka dirikanlah salat, tunaikanlah zakat, dan berpeganglah kalian pada tali Allah. Dia adalah Penolong kalian, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.(QS. Al Hajj: 78)

Diantara sosok kuat pasti ada yang terkuat. Demikian pula di lingkaran sosok pintar; pasti ada yang paling pintar. Maka bukankah tidak mungkin bila diantara sosok yang dimintai pertolongan pasti ada yang paling mampu untuk menolong?

Maka siapakah sosok yang mampu menolong kita tanpa pernah lelah, jenuh, atau tak sanggup? Adakah selain Allah yang mampu memberi pertolongan dari arah yang tak disangka-sangka?

Allah telah berjanji bahwa Ia akan selalu menolong orang-orang beriman dan membela mereka serta mengeluarkan mereka dari kesempitan hidup. Ia berfirman di surat Al Mujadalah ayat 21,

كَتَبَ اللَّهُ لأغْلِبَنَّ أَنَا وَرُسُلِي إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

Allah telah menetapkan, “Aku dan rasul-rasul-Ku pasti menang.” Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa.

Dan siapa yang ditolong Allah mustahil untuk dikalahkan,

إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللَّهُ فَلا غالِبَ لَكُمْ وَإِنْ يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Jika Allah menolong kalian, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kalian; jika Allah membiarkan kalian (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kalian (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.(QS. Ali Imran: 160)

Pertololngan di Dunia

Maka bukalah Al Qur’an serta kajilah hadits-hadits shahih; lihatlah kehidupan para sahabat yang mulia. Betapa Allah telah menolong mereka dengan pertolongan yang luar biasa. Ia mengutus para malaikat untuk membantu para sahabat di perang badar dan Ia mengirim tentara-Nya dari kalangan angin untuk memporak-porandakan pasukan sekutu si perang ahzab.

Jauh sebelum masa Muhammad shalallahu alaihi wa sallam Allah menjadikan Thalut sebagai raja yang memimpin orang-orang beriman dalam pwrang melawan bangsa Filistin dan Ia pula memberi nabi Daud kemampuan untuk membunuh Jalut.

Allah menjadikan umat islam di bawah pimpinan Shalahuddin mampu membebaskan Yerusalem dari kekuasaan tentara salib; dan di bawah pimpinan Syaifuddin Qutuz umat islam mampu menghancurkan pasukan Mongol.

Itulah beberapa pertolongan yang Allah beri pada umat islam dalam menghadapi musuh-musuh mereka.

Pertolongan di Akhirat

Siapa yang menyerahkan dirinya untuk diatur oleh Allah maka sesungguhnya ia telah berserah diri pada Penolong yang paling perkasa. Dan ia telah menyerahkan dirinya pada satu-satu-Nya Dzat yang mampu menyelamatkan di hari kiamat nanti,

إِنَّا لَنَنْصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الأشْهَادُ. يَوْمَ لَا يَنْفَعُ الظَّالِمِينَ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوءُ الدَّارِ

Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat), (yaitu) hari yang tidak berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya dan bagi merekalah laknat dan bagi mereka tempat tinggal yang buruk.(QS. Al Mukmin 51-52)

Mudah-mudahan Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang Ia tolong di dunia maupun akhirat.

Wallahu a’lam bishowab.

Gambar: https://www.mydomaine.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s