الحافظ (Maha Menjaga)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

إِنَّ رَبِّي عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَفِيظٌ

…Sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemelihara segala sesuatu.(QS. Hud: 57)

Selain makanan, pakaian, dan tempat tinggal manusia memiliki kebutuhan primer lain yang tak kasat mata. Salah satunya adalah rasa aman, itulah mengapa manusia senantiasa mencari sosok atau sarana yang dapat menjaganya dari berbagai bentuk ancaman dan keburukan.

Apakah ia mencari asuransi, pensiun, atau tuhan; pada dasarnya semua itu bertujuan untuk mencari rasa aman. Dan Allah adalah sebaik-baik Pemelihara (الحفيظ) dan sebaik baik Penjaga (الحافظ).

Penjagaan bersifat Umum

Sebagai pemilik alam semesta beserta isinya Allah menjaga dan memelihara semua itu tanpa letih. Ia berikan makanan, minuman, udara bagi seluruh makhluk tanpa melihat apakah mereka beriman atau ingkar. Ia juga mampu menjaga berbagai benda yang ada di semesta untuk berjalan pada porosnya dan tak berbenturan satu sama lain. dan dengan penjagaan-Nya pula langit tidak runtuh menimpa kita,

وَجَعَلْنَا السَّمَاءَ سَقْفًا مَحْفُوظًا ۖ وَهُمْ عَنْ آيَاتِهَا مُعْرِضُونَ

Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya.(QS. Al Anbiya: 32)

Penjagaan bersifat Khusus

Beda halnya dengan penjagaan umum yang Allah berikan pada mereka yang beriman maupun ingkar; penjagaan bersifat khusus hanya diberikan untuk orang-orang beriman.

Penjagaan ini muncul dalam bentuk hidayah, ketundukan hati pada syariat Islam, serta keteguhan untuk menjalankan perintah Allah meski harus menghadapi konsekuensi yang tak menyenangkan.

Diantara bentuk penjagaan ini adalah dijauhkannya orang beriman dari perzinaan, sebuah dosa besar yang demikian hebat godaannya,

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ ﴿٥

إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ ﴿٦

فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاء ذَلِكَ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ ﴿٧

Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki. Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barangsiapa mencari yang di balik itu. Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas. (QS. Al Mukminun : 5 – 7)

Malaikat penjaga

Bentuk lain dari penjagaan Allah adalah dengan dikirimkannya malaikat pada tiap manusia dengan tugas masing-masing. Ada yang menjaga agar si hamba terjauh dari marabahaya dan ada pula yang bertugas mencatat amalan (lihat surat Al Infithar ayat 10-12). Allah berfirman di surat At Thariq ayat 4,

إِنْ كُلُّ نَفْسٍ لَمَّا عَلَيْهَا حَافِظٌ

Tidak ada suatu jiwa (diri) pun melainkan ada penjaganya.

Demikian pula di surat Ar-Ra’d ayat 11,

لَهُ مُعَقِّباتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.

Dan salah satu tugas malaikat ini adalah membisikan kebaikan pada manusia yang ia jaga, sebagaimana tugas jin khusus untuk mengajak manusia ke arah keburukan sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Ahmad rahimahullah,

حَدَّثَنَا أَسْوَدُ بْنُ عَامِرٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، حَدَّثَنِي مَنْصُورٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ وَقَرِينُهُ مِنَ الْمَلَائِكَةِ”. قَالُوا: وَإِيَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: “وَإِيَّايَ، وَلَكِنْ أَعَانَنِي اللَّهُ عَلَيْهِ (4) فَلَا يَأْمُرُنِي إِلَّا بِخَيْرٍ”.

telah menceritakan kepada kami Aswad ibnu Amir, telah menceritakan kepada kami Sufyan, telah menceritakan kepadaku Mansur, dari Salim ibnu Abul Ja’d, dari ayahnya, dari Abdullah yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Tiada seorang pun di antara kalian melainkan telah ditugaskan untuk menemaninya teman dari jin dan teman dari malaikat.” Mereka bertanya, “Juga engkau, wahai Rasulullah?” Rasulullah Saw. menjawab, “Juga diriku ini, tetapi Allah menolongku terhadap gangguannya. Karena itu, tiadalah menganjurkan kepadaku kecuali hanya kebaikan belaka.

Hadis diriwayatkan oleh Imam Muslim secara munfarid (menyendiri). (http://www.ibnukatsironline.com/2015/06/tafsir-surat-ar-rad-ayat-10-11.html?m=1)

Jangan lupakan Doa ini

Sebagai hamba dan utusan Allah yang sudah dijamin surga, rasulullah senantiasa mendawamkan doa ini agar senantiasa dilindungi oleh Allah. Maka tidakkah kita ingin untuk mengikuti teladan beliau?

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tentramkan-lah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri dan dari atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (aku berlindung dari dibenamkan ke dalam bumi).[HR. Al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad no. 1200, Abu Dawud no. 5074, An-Nasa-i VIII / 282, Ibnu Majah no. 3871, al-Hakim 1/517-518, dan lainnya dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhumaa. Lihat Shahiih al-Adabul Mufrad no. 912, shahih.https://aslibumiayu.net/9006-dzikir-pagi-dan-petang-yang-diajarkan-nabi-bacaan-dan-ketentuan-membacanya.html%5D

Mudah-mudahan bermanfaat. Wallahu a’lam bishowab.

Gambar: https://www.thespruce.com/how-to-install-marble-floor-tiles-1314978

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s