Keduanya Senantiasa Mengejarmu

on

Pictures by Flo Maderebner

Kehidupan manusia tak pernah lepas dari mengejar sesuatu; baik angan-angan maupun yang nyata. Impian berupa harta, ketenaran, pasangan yang ideal, pengakuan dari pihak lain, keamanan, serta kenyamanan adalah beberapa hal yang biasa dikejar oleh manusia.

Sebaliknya, kita pun sulit untuk melepaskan diri dari hal-hal yang senantiasa mengejar kita. Kebutuhan rumah tangga, pekerjaan, janji, masalah, atau hutang adalah hal-hal yang senantiasa membayangi di belakang.

Kadang kita jengkel dan lelah. Setelah berupaya keras dan berdoa namun apa yang kita harapkan seolah tak kunjung datang. Benarkah demikian? Silahkan merujuk ke hadits berikut:

عَنْ جابرٍ -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

((لَوْ أَنَّ ابْنَ آدَمَ هَرَبَ مِنْ رِزْقِهِ كَمَا يَهَرَبُ مِنَ الْمَوْتِ؛ لَأَدْرَكَهُ رِزْقُهُ كَمَا يُدْرِكُهُ الْمَوْتُ))

Dari Jabir radhiyallahu anhu berkata, berkata rasulullah sallallahu alaihi wa salam:

“Seandainya anak adam lari dari rizkinya sebagaimana dia lari dari mautnya, maka niscaya rizkinya akan mengejarnya sebagaimana maut mengejarnya.”[Hr Ibnu Hibban]

Keduanya akan mengejar meskinkita bersembunyi di tempat terjauh sekalipun. Keduanya akan datang tanpa bisa ditolak. Bagaimana cara atau kapan mereka datang adalah rahasia Allah.

Yang penting bagi kita adalah menyiapkan diri untuk menyambut keduanya. Dan sebaik-baik cara menanti adalah dengan tunduk dan patuh pada perintah Allah dan rasul-Nya.

Itulah tawakal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s