الحَمِيْدُ Maha Terpuji

on

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

 

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ
Hai manusia, kamulah yang berhajat kepada Allah; dan Allah Dia­lah YangMahakaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji (QS. Fathir: 15)

 

Sebagaimana halnya celaan, pujian merupakan hal yang selalu ada dalam hidup. Entah seseorang atau sesuatu, akan ada sisi yang kita kagumi dan puji. Kecantikan, kedermawanan, kekuatan, kekayaan, kecerdikan, atau kelembutan adalah beberapa hal yang layak dipuji dari seseorang.

Demikian pula dengan benda seperti mobil, rumah, dan handphone; seringkali mengundang kekaguman dan pujian entah karena keindahan bentuk atau harganya. Hewan dan tumbuhan pun tak luput dari pujian karena ketangkasan, keindahan, maupun tingginya harga mereka.

Sebagai manusia, kita biasa memuji; dan manusia yang pelit pujian biasanya bersifat picik dan tak disukai.

Akan tetapi sadarkah kita bahwa ada yang layak mendapatkan pujian lebih dari siapapun? Ia memang tak nampak akan tetapi karyanya dapat disaksikan oleh kebanyakan manusia. Tingginya gunung, luasnya langit, dalamnya lautan, keberagaman ras manusia, atau adanya kekayaan mineral luar biasa yang terkandung sebuah dataran tandus? Siapakah yang memungkinkan terjadinya itu semua? Ia adalah Allah Al-Hamid atau Yang Maha Terpuji.

Kemudian bayangkan doa seseorang yang dikabulkan. Ia yang tadinya nyaris mati dalam kecelakaan ternyata selamat. Seseorang yang sudah lama koma ternyata sadar dan lebih sehat dari sebelumnya. Orang yang hendak dibunuh namun diselamatkan oleh sosok asing. Siapakah yang memungkinkan semua itu terjadi? Ia adalah Al-Hamid atau Yang Maha Terpuji, maka pujilah Ia dengan pujian tertinggi dan berimanlah pada-Nya.

Mungkin engkau tengah dilanda kegalauan hidup dan tak tahu jalan mana yang harus ditempuh. Maka memohonlah pada Allah dan jangan berputus asa. Bila kelak Ia memberimu petunjuk, maka pujilah Ia. Betapa banyak manusia yang dapat bangkit dari kehancuran berkat petunjuk-Nya. Maka pujilah Allah.

 

English

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s