الحَاكِيمُ Yang Maha Bijaksana

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا نَأْتِي الأرْضَ نَنْقُصُهَا مِنْ أَطْرَافِهَا وَاللَّهُ يَحْكُمُ لَا مُعَقِّبَ لِحُكْمِهِ وَهُوَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami mendatangi daerah-daerah (orang-orang kafir), lalu Kami kurangi daerah-daerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya? Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya; dan Dialah Yang Mahacepat hisab-Nya. (Ar-Rad: 41)

pexels-photo-194096
https://www.pexels.com/photo/abstract-architecture-background-brick-194096/

Allah memiliki kebijaksanaan tertinggi dalam segala hal; baik dalam apa yang telah ditetapkan-Nya, dalam peraturan-Nya, serta dalam bentuk balasan amal di hari kiamat kelak. Allah menciptakan segala sesuatu dengan cara sebaik mungkin dan tak satupun ciptaannya yang tak bermanfaat.

Allah mengetahui mengapa siang dan malam berjalan sesuai waktunya. Demikian juga dengan adanya perubahan musim. Allah Maha Mengetahui mengapa wanita dan pria diciptakan dengan tubuh maupun karakter yang berbeda. Ia juga memiliki kebijakan dalam menetapkan ibadah-ibadah. Mengapa harus sholat? Mengapa harus berpuasa di bulan Ramadhan? Mengapa berhaji harus ke Makkah? Dan banyak lagi.

Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana dalam menetapkan hukum maupun aturan yang harus ditaati hamba-hamba-Nya. Akan tetapi sebagian besar umat manusia tidak mengerti tentang kebijaksanaan-Nya; dengan demikian mereka mulai menuduh Allah dengan berbagai penilaian negatif.

 

English

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s