اللَّطِيْفُ Yang Maha Lembut

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

 

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنزلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَتُصْبِحُ الأرْضُ مُخْضَرَّةً إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

Apakah kamu tidak melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu jadilah bumi itu hijau? Sesungguhnya Allah Mahahalus lagi Maha Mengetahui. (Al-Hajj: 63)

pexels-photo-1298684
https://www.pexels.com/photo/photography-of-barrel-wave-1298684/

Allah memiliki pengetahuan tentang segala hal bahkan yang paling halus atau paling tersembunyi sekalipun. Dan Dia menunjukkan belas kasih-Nya yang besar kepada para hamba dengan cara-cara yang sangat halus yang tidak diketahui oleh siapa pun kecuali Dia.

Kelembutan Allah dapat dilihat dari banyak hal, seperti saat Ia menurunkan hujan setelah kemarau panjang. Atau ia mengarahkan seorang hamba kearah sebuah jalan dimana disitu telah menanti rizki untuknya. Bisa juga dalam bentuk Allah memberi motivasi bagi para hamba untuk menuntut ilmu syar’i. Ia juga menimpakan sakit pada seorang hamba untuk mengurangi dosa-dosanya.

Diantara bentuk kelembutan lainnya adalah ketika seseorang diberi keluarga atau sahabat yang shalih dan senantiasa mengajak pada kebaikan.  Kelembutan lain muncul dalam bentuk dijauhkannya seorang hamba dari bid’ah dan khurafat.

Demikianlah beberapa contoh dari sifat Maha Lembut Allah. Maka tanamkanlah dalam hati bahwa Ia tidak akan menyia-nyiakan kita. Ia paling tahu apa yang terbaik untuk tiap hamba; maka mintalah yang terbaik menurut pengetahuan-Nya; bukan selera kita.

Ingat pula bahwa Ia Yang Maha Lembut senantiasa membuka pintu taubat; maka jangan berputus asa dari-Nya. Boleh jadi musibah yang menimpa kita saat ini tak lain merupakan cara untuk mengangkat derajat dan membersihkan dosa-dosa masa lalu.

 

English

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s