Kalimat Terindah

on

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

automobile-automotive-blur-977213
Photo by Lê Minh from Pexels

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,”

 

Mata begitu berat dibuka, ditambah lagi pegal-pegal masih menguasai tubuh. Pusing menggelayuti kepala bagai panci besar yang berat. Biar bagaimanapun, saya harus bangun untuk mengamati keadaan.

Berjaan di lorong bus yang sempit dan gelap bukan hal yang menyenangkan bagi siapapun yang baru bangun. Goyangan bus, penerangan yang kurang, atau kardus yang tertendang menjadi hal biasa.

Suara dengkur bapak-bapak berihram putih memecah kesunyian. Kaum ibu dengan jilbab putih tak kalah pulasnya; sebagian masih mengenggam buku doa. “Alhamdulillah mereka bisa beristirahat.” Ujar saya lega mengingat di Makkah nanti kami masih harus beraktifitas fisik selama kurang lebih enam jam.

Diujung sana tampak kilau-kilau kecil warna kuning yang berasal dari deretan lampu jalan. Sayup-sayup terdengar suara orang membaca ayat suci Al-Qur’an ditemani cahaya abu-abu redup. Begitu mendekat, pemandangan pun menjadi lebih jelas. Dua pria tersenyum dan bertanya apakah saya cukup beristirahat?

Abdullah tengah melantunkan ayat-ayat Qur’an dari balik kemudi warna hitam. Supir asal Maroko ini sosok yang saya kagumi karena rajin menghafal Al-Qur’an, sikapnya yang sopan, pakaiannya yang rapih dan bersih, serta wajah gagahnya yang mirip Dwayne Johnson. Persis di sebelah Abdullah, Jumadi duduk di tangga bus yang berwarna abu-abu. Sahabat saya dari Madura ini merupakan orang yang sabar, lembut, bisa diandalkan, dan tengah menunggu kelahiran anaknya. Ia mengenakan dua helai kain ihram sementara tangan kanannya menggenggam mushaf Qur’an. Di tangan kiri nampak handphone yang menyala; rupanya ini sumber cahaya abu-abu tadi.

Masih sekitar satu jam lagi hingga kami tiba di Makkah. Daripada kembali ke tempat duduk, saya lebih suka tetap di depan mendengar bacaan Abdullah yang merdu. Semoga Allah menjaga dan memberkahi keduanya. Semoga Allah pun memberikan hal yang sama bagi saya, para pembaca, dan keluarga tercinta.

 

中文

Latin

English

6 Comments Add yours

  1. My Surya berkata:

    Terharu selalu, mampir di sini… Airmata berguguran, ^^

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ryan Mayer berkata:

      terima kasih bu, semoga bermanfaat.

      Disukai oleh 1 orang

      1. My Surya berkata:

        Iya, sama-sama. Alhamdulillah, sangat bermanfaat. 🙂

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s