Melihat Dengan Jernih

on

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Batang-batang bambu yang lentur menekuk habis hingga nyaris seatap mobil. Ribuan daun hijau berjatuhan tertimpa jutaan butir air dari langit. Hati sempat berandai, berapa kubik bila air-air ini dikumpulkan dalam wadah besar?

Lampu merah terus menyala sementara mobil-mobil membentuk dua ruas di jalan sempit. Dari dalam mobil saya melirik ke kanan, ke sebuah kantor pos warna oranye. Di sisi kiri nampak seorang pengemudi ojek online memandangi jalan dari balik jaket hijaunya.

Anak saya sibuk memainkan setir semenrara istri masih sibuk mengantre di sebuah jasa titipan barang.

Butir-butir yang diturunkan dari langit ini sebenarnya air; bukan tanah atau api. Namun tetap mampu membuat manusia yang kuat berlari menghindar agar tidak kebasahan. Yang naik motor berteduh di bawah jembatan penyeberangan; yang naik mobil memelankan kecepatan serta menyalakan lampu sebagai bentuk waspada.

Hanya butiran air…namun mampu membuat manusia berpikir ulang. Maha suci Allah yang memciptakan hujan. Bukan hanya untuk memberi minum hamba-hamba-Nya atau sebagai waktu ijabah untuk berdoa. Lebih dari itu, hujan dan air merupakan satu dari sekian banyak tanda kekuasaan Allah.

Petir menyambar diiringi gemuruh di balik awan kelabu. Para malaikat tengah bertasbih rupanya. Bagaimana dengan manusia yang mustahil lebih taat dan kuat dari mereka? banyak diantara kita masih suka membangkang.

Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita di bulan mulia ini dan menjadikan kita meraih derajat takwa. Tunduk patuh pada perintah-Nya secara sadar serta ridho dengan apa yang Allah takdirkan untuk kita. Allahumma aamiyn.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s