Manfaat berdoa pada Allah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

dont be sad
https://www.youtube.com/watch?v=HqfP4ADWHEQ

            Dalam perjalanan menuju kesembuhan, entah berapa banyak obat yang kita coba. Berapa dokter yang pernah kita kunjungi untuk konsultasi. Berapa banyak biaya yang kita keluarkan. Semua itu merupakan wujud kesungguhan kita menuju kondisi prima dan jauh dari penyakit. Namun demikian, apakah kita sekedar menyandarkan harapan pada faktor-faktor tersebut; atau kita meminta pula pertolongan dari Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Menyembuhkan?

Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak (I/492) meriwayatkan sebuah hadits dari Ali bin Abi Thalib; yang telah mendengar sebuah nasehat berharga dari rasulullah,

الدُّعَاءُ سِلَاحُ المُوْمِنِ، وَ عِمَادِّ الدِّيْنِ، وَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَ الاَرْضِ

“Do’a adalah senjata kaum Mukminin dan tiang agama, serta cahaya langit dan bumi.”

            Ketika musibah atau penyakit hadir, maka jangan tinggalkan doa atau hanya bergantung pada obat-obatan. Namun minta pula pada Allah dengan penuh harap dan sabar.

Banyak manusia hanya mengandalkan faktor-faktor duniawi dalam perjalanan menuju kesembuhan. Dalam hal ini termasuk umat Islam. Maka ketahuilah saudara-saudariku; sungguh sebab-sebab tadi tidak akan bermanfaat apabila kita tidak menggantungkan harapan pada Dzat yang memberikan kesehatan. Ia tak lain dari Allah. Maka kuatkan harapan dan doa agar musibah itu hilang; yakinlah bahwa Allah akan menolong kita. Jangan tunduk pada prasangka buruk atau sikap pesimis yang justru akan melemahkan doa maupun harapan kita pada-Nya.

Masih dari kitab Al-Mustadrak (I/493), terdapat sebuah hadits lain yang juga menunjukan manfaat dari berdoa pada Allah. Diriwayatkan dari Tsauban, bahwasanya rasulullah bersabda,

لاَ يَرُدُّ القَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ، وَ لاَ يَزِيْدُ فِي العُمْرِ إلَّا البِرُّ، وَ إِنَّ الرَّجُلَ لَيُحِرَمُ الرِّزْقَ بِالذُنبِ يُصِيْبُهُ

“Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa. Tidak ada pula yang dapat menambah usia kecuali kebajikan. Sesugguhnya seseorang itu benar-benar akan terhalang dari rizkinya karena dosa yang ia kerjakan.”

            Sudahkah kita merendahkan diri di hadapan Allah dan mengakui kesalahan-kesalahan kita? Jangan pernah berhenti memohon pada-Nya; karena Allah akan menurunkan pertolongan-Nya.

English

Latin

中文

11 Comments Add yours

  1. yuulye berkata:

    Mantap, di bikin 3 bahasa kan ya? yang Los beneficios, spanyol?

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ryan Mayer berkata:

      gracias, mas yuulye. si, saya buat dalam 3 bahasa.

      Suka

      1. yuulye berkata:

        Hahaha, mantap mas 👍 nggak ngerti bahasa spanyol tapi saya, bisa belajar dari tempat mas Ryan nih 😁

        Disukai oleh 1 orang

      2. Ryan Mayer berkata:

        makasih juga postingan2nya mas yuulye, sy jd dpt banyak ilmu soal html dkk😆

        Suka

      3. yuulye berkata:

        Alhamdulillah 😁 belajar HTML juga?

        Suka

      4. Ryan Mayer berkata:

        belum pernah. justru dari antum saya mulai belajar hal itu.

        Disukai oleh 1 orang

      5. yuulye berkata:

        Tapi itu nggak dari dasar sih, takutnya malah bingung nanti, kalo ada pertanyaan boleh loh 😁
        Ngomong2, coba deh translation nya di bikin satu post aja tapi pake tiga bahasa, lebih rapi kayak nya kalo di reader wordpress 😄

        Disukai oleh 1 orang

      6. Ryan Mayer berkata:

        gitu ya? in sya allah dicoba deh. makasih ya tipsnya😀

        Disukai oleh 1 orang

      7. yuulye berkata:

        Coba aja sekali gitu, belum tentu berhasil juga 😆 cuma saran aja 😁

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s