Mekkah: Masjid Aisyah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

 

tan'im
Image: http://www.panoramio.com/photo/26806524

Semakin dalam kami memasuki kota semakin nampak pula Tower Zamzam yang mirip Big Ben. Menjulang tinggi dengan jam raksasa di puncaknya, bangunan berisi hotel-hotel ini terus memancarkan cahaya hijau keberbagai penjuru kota; seolah mercusuar yang menerangi laut di malam hari.

Semakin dekat dengan Masjidil Haram, semakin banyak pula bangunan seperti perkampungan yang berada di atas bukit, ruko-ruko yang menjual makanan, souvenir, atau onderdil, hingga flyover yang memecah lalu-lintas kota. Mobil-mobil terus berlalu-lalang meski sudah malam, karena Makkah memang tidak pernah tidur. Beberapa pekerja asal Pakistan nampak berjalan pulang dalam rombongan sementara beberapa pria Arab berjubah putih dan kafiyeh hitam bersender di kap mobil GMC.

Begitu kami tiba di jalan Al-Hijrah, sebuah bangunan megah warna putih seolah menunggu kami di sisi kiri. Agak mirip dengan Masjid Miqot, bangunan yang dihiasi banyak pohon dan taman ini dinamakan Masjid Aisyah namun lebih dikenal sebagai Masjid Tan’im. Beberapa tahun lalu saya pernah menemani bibi yang harus menunda umrohnya hingga selesai menstruasi.

Diceritakan dalam hadits panjang yang berasal dari sahabat Jabir bin Abdillah[1], Ibunda Aisyah bersedih karena ia belum sempat melaksanakan umroh sementara rasulullah dan para sahabatnya hendak pulang ke Madinah. Beliau sedih karena orang-orang lain mendapat dua pahala (yaitu haji dan umroh) sementara beliau hanya mendapat satu (haji) saja. Untuk menghibur istri tercinta, rasulullah pun memerintahkan Abdurrahman bin Abu Bakar (saudara kandung ibunda Aisyah) untuk mendampingi saudarinya ke Tan’im dan mengambil miqot disana lalu kembali ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh. Rasulullah dan para sahabat yang lain pun tidak ada yang berangkat ke tan’im dan berumroh dari sana. Kekhususan ini hanya diperuntukkan bagi bunda Aisyah.

[1] HR. Bukhari no. 1785

English

Latin

2 Comments Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s