Al-Haramain Museum

hudaibiyah
Image: Ryan Mayer’s Document.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

Saya dan Wahyudi menawarkan untuk berkunjung ke Museum Haramain yang berisi benda-benda bersejarah seperti tangga kayu yang dahulu digunakan untuk masuk ke Ka’bah atau sumur zamzam lengkap dengan timbanya. Namun kebanyakan jamaah sudah terlalu letih hingga kami pun segera kembali ke hotel. Hanya keluarga Dokter Keiko yang masih antusias, namun apa boleh buat.

Pada umumnya jamaah umroh tidak diajak ke museum yang terletak di pinggiran kota Makkah ini, padahal di dalamnya banyak peninggalan bersejarah yang dapat dilihat dari dekat bahkan di foto. Disana digantung kiswah tua yang dulu digunakan untuk menyelimuti Ka’bah. Pembuatan kain penutup Ka’bah ini sendiri secara tradisi menjadi hak penduduk Mesir hingga mereka pun membuatnya dengan bahan terbaik yang ada plus emas asli untuk merajut kaligrafi yang menghiasinya.

Disini kita juga bisa melihat salinan Mushaf Utsmani yang ditulis pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan. Ada pula selubuh hajar aswad dan maqam ibrahim tempo dulu. Jamaah pun dapat melihat foto-foto dua kota suci dari masa ke masa. Jangan lupakan pula replika pintu Masjid Nabawi yang masih bagus meski telah lama dicopot dari gerbang.

Saya merekomendasikan anda untuk mengunjungi museum ini. Dengan tambahan biaya 20 Saudi Real per orang in sya Allah anda akan mengunjungi tempat-tempat yang tidak dicantumkan dalam jadwal ziarah luar biasa.

English

Latin

2 Comments Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s