Sholat di Belakang Maqam Ibrahim

maqam ibrahim
Image: http://www.berhaji.com/sejarah/dimanakah-letak-maqam-ibrahim-sebelum-dipindahkan

Setelah menyelesaikan putaran ketujuh kami pun meninggalkan Mathof lalu menuju areal sholat yang berada dekat Masa’ (tempat melaksanakan sa’i). Keluar dari mathof bukan pekerjaan mudah karena kita akan berhadapan dengan arus manusia yang tidak dapat diprediksi. Sebagian berjalan pelan dan yang lain agak kencang. Maka angkatlah tangan atau mintalah izin secara sopan, in sya’ Allah saudara-saudara seiman akan memberi kita jalan.

Setelah keluar dari mathof kita pun harus memperhatikan areal sekitar untuk mencari tempat kosong. Alhamdulillah kami pun mendapat tempat itu meski tidak terlalu tegak lurus dengan Maqam Ibrahim. Ketika para jamaah telah mendapat tempat sholat, saya pun berjalan diantara mereka sekedar untuk mengingatkan agar menutupi bahu kanan yang ketika thowaf dibiarkan terbuka. Setelah itu barulah kami sholat sendiri-sendiri dengan membaca surat Al-Fathihah dan Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-Fathihah serta Al-Ikhlas di rakaat kedua. Jangan lupa pula membaca potongan surat Al-Baqarah ayat 125 sebelum memulai sholat,

وَ التَّخِذُوا مِنْ مَّقَامِ إِبْرَاهِيْمَ مُصَلَّى

(wa takhidzuw min maqaami ibrahim mushola)

Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.

            Satu hal yang harus kita pahami tentang sholat di belakang Maqam Ibrahim ini adalah mengenai tempatnya. Sebagian jamaah ada yang berkeras sholat menempel di bangunan itu hingga mengganggu orang-orang yang tengah thowaf. Alhamdulillah ada askar yang mencegah mereka sholat lebih dari dua rakaat serta menghalau sebagian lain yang coba-coba meniru. Sholat di belakang Maqam Ibrahim dapat dilakukan di areal mana saja di dalam Masjidil Haram tanpa harus berada tepat dibelakangnya; yang penting masih di sekitar areal thowaf.

English

Latin

2 Comments Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s