Percetakan Al-Qur’an

Agak sedih rasanya mengingat kali ini kami tak sempat singgah di Percetakan Al-Qur’an. Padahal di tempat ini kami bisa mendapatkan mushaf asli Madinah yang tersohor. Demikian berharga nilai mushaf ini hingga seorang kawan sempat meminta

percetakan al quran.jpg
Image: http://www.elfagr.org/2289002

saya untuk membawakannya satu; karena calon istrinya ingin hal itu sebagai mahar.

Di tempat bernama Percetakan Al-Qur’an Raja Fahd ini terdapat dua departemen yang masing-masing memiliki tugas khusus. Departemen pertama berisi para hufadz (jamak dari hafidz atau penghafal Al-Qur’an) dan asatidz (jamak dari ustadz) yang menguasai ilmu-ilmu syar’i seperti tafsir, bahasa, atau hadits. Mereka  bertugas memeriksa tajwid dan ayat-ayat Al-Qur’an baik sebelum maupun sesudah dicetak. Mereka juga bertugas untuk menerjemahkan Al-Qur’an ke bahasa-bahasa lain seperti Melayu, Thai, Mandarin, Jepang, Inggris, Perancis, Jerman, Rusia, Italia, Turki, Swahili, dan lain-lain.

Departemen kedua bertugas mencetak Al-Qur’an menggunakan mesin-mesin yang amat canggih. Dalam setahun mereka mampu mencetak 13 juta buah mushaf yang kelak akan didistribusikan ke masjid-masjid, dibagikan secara gratis, atau dijual.

Pada umumnya para jamaah tidak keberatan merogoh kocek untuk mengunjungi tempat satu ini. Dengan dua pulur Real Saudi untuk pak supir anda akan diantar ke tempat yang terlalu sayang untuk ditinggalkan.

*****

English

Espanol

2 Comments Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s