Sholat di Maqam Ibrahim

makam ibrahim

Bila anda berjalan antara Multazam dan Hijir Ismail, tengoklah ke arah kanan maka insya Allah anda akan jumpai sebuah bangunan berwarna keemasan yang bentuknya mirip sangkar burung. Biasanya di sekeliling bangunan tersebut terdapat beberapa orang yang mengusap-ngusap atau menciumnya sementara beberapa askar menerangkan bahwa perbuatan mereka tersebut tidak ada petunjuknya dari Rasulullah. Lantas mengapa orang-orang itu mengusap-ngusap dan menciumnya? Jawabannya karena di dalam bangunan bernama Maqam Ibrahim itu terdapat sebuah batu dengan bekas tapak kaki Nabi Ibrahim. Mereka yang belum paham kalau hal tersebut dilarang kemudian mengelus atau menciumnya dengan keyakinan akan mendatangkan berkah; padahal tidak ada petunjuknya dari Rasulullah. Dan sebuah ibadah yang tidak sesuai petunjuk dari Rasulullah maka tidak akan mendatangkan pahala.

Bila anda hendak melihat Maqam Ibrahim maka dekatilah namun jangan anda turut mengelus dan mencium. Satu-satunya ibadah yang sesuai dengan petunjuk dari Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah adalah sholat di belakang Maqam Ibrahim; itu pun bukan berarti kita sholat persis di belakangnya karena Maqam Ibrahim berada di tengah areal thawaf. Anda bisa terinjak atau tertendang orang yang tengah thawaf atau minimal diomeli oleh askar.

Bila anda ingin sholat di belakang Maqam Ibrahim maka pertama-tama anda harus keluar dari areal thawaf menuju areal sholat yang insya Allah akan mudah kita jumpai. Bergabunglah dengan orang-orang yang tengah sholat tersebut dan dengan demikian anda telah mengamalkan perintah Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 125,

وَ التَّخِذُوا مِنْ مَّقَامِ إِبْرَاهِيْمَ مُصَلَّى

Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s