Peternakan Unta

أَفَلاَ يَنْظُرُوْنَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ

Apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana unta diciptakan?” (QS. Al-Ghasiyah 17)

sekelompok-onta-berjajar-menikmati-makanan-di-peternakan-unta-masyarakat-_140930165321-401

Salah satu daya tarik Madinah adalah peternakan unta yang berada di luar kota. Ketika berkunjung ke peternakan unta maka kita akan melewati sebuah jalan yang berada di antara bukit-bukit. Selain bukit-bukit yang menghiasi cakrawala, mata kita pun dapat menangkap pemandangan lain berupa kayu-kayu pancang penyangga pagar-pagar kawat. Di dalamnya terdapat unta dalam jumlah yang biasanya lebih dari sepuluh ekor. Kebanyakan unta- unta tersebut acuh tak acuh terhadap bus jamaah yang singgah dekat mereka.

Beda halnya dengan para unta yang hanya sedikit menolehkan pandangan pada kita, para peternak unta yang hampir seluruhnya orang Afrika akan menyambut dengan antusias. Seringkali mereka lari keluar dari gubuk-gubuk yang mirip dengan pangkalan ojek atau bedeng tukang bangunan semata untuk menyambut para jamaah yang singgah. Senyum dan kata “marhaban” merupakan hal yang biasa disana.

Sementara seorang peternak menemani jamaah, biasanya seorang peternak lain segera berlari masuk ke dalam kandang unta sambil menenteng nampan logam berwarna perak. Dengan cekatan ia segera memerah susu dari unta betina sementara unta-unta muda tengah menyusu pada induknya. Semua dilakukan dengan wajar tanpa ada rebutan antara peternak maupun anak-anak unta. Tak lama kemudian peternak tersebut akan menghampiri para jamaah yang biasanya dipersilakan duduk di atas sofa warna-warni yang sudah bolong-bolong sementara hawa sejuk Madinah membuat mata menjadi mengantuk. Saat itulah kita mulai dapat menikmati susu unta yang dijual 10 Real per botol. Berwarna putih selayaknya susu pada umumnya, susu unta memiliki busa yang amat banyak bagai deterjen namun rasanya luar biasa lezat. Sebotol susu unta insya Allah mampu mengeyangkan perut yang lapar sementara busanya seringkali diusapkan pada wajah karena dipercaya dapat memperhalus kulit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s